Cara membuat Kabel UTP cross dan straight

Langkah-langkah dalam pembuatan:
 
1.       Potong kulit kabel (pembungkus kabel) sepanjang ± 2 cm
Image
2.    Setelah itu, susunlah bagian dalam kabel yang terdiri dari warna putih orange, putih coklat, putih hijau, putih biru, orange, coklat, hijau, dan biru, sesuai perintah berdasarkan jenis yang akan dibuat yaitu kabel straight dan kabel cross.   Apabila akan disusun menjadi kabel straight maka kedua ujung kabel susunannya mulai dari Putih Orange (PO), Orange (O), Putih Hijau (PH), Biru (B), Putih Biru (PB), Hijau (H), Putih Coklat (PC), dan Coklat (Coklat).
Image
 
·       Apabila disusun menjadi kabel cross maka salah satu ujung kabel susunannya mulai dari Putih Orange (PO), Orange (O), Putih Hijau (PH), Biru (B), Putih Biru (PB), Hijau (H), Putih Coklat (PC), dan Coklat (Coklat). Sedangkan ujung yang satu susunannya mulai dari Putih Hijau (PH), Hijau (H), Putih Orange (PO), Biru (B), Putih Biru (PB), Orange (O), Putih Coklat (PC), dan Coklat (Coklat).
3.   Potonglah ujung kabel yang berwarna tersebut hingga rata
4.  Masukkan kabel yang susunannya sudah benar ke RJ45, Usahakan sebagian kulit kabel (pembungkus kabel) masuk ke dalam RJ45.
Image
 
5.   Periksa kembali susunan kabel dan keadaan ujung kabel apakah telah sampai pada ujung RJ45 (Kuningannya)
6.   Apabila sudah benar susunan dan keadaannya, langkah selanjutnya mengencangkan antara kabel dan RJ45 dengan alat Tang Krimping agar tidak mudah lepas. Caranya dengan menjepitnya seperti pada gambar berikut.
7.  Lakukan pengujian kabel yang selesai dibuat dengan alat LAN Taster. Dimana alat ini berfungsi untuk memeriksa apabila kabel sudah terpasang dengan sempurna. Apabila terpasang sempurna maka lampu pada alat Kabel Taster akan menyala sesuai urutan susunan kabel.
Image
 

Microsoft Excel

Format Cells

  1. Buka Microsoft Excel terlebih dahulu.
  2. Buka file yang ingin anda ganti Format Cellsnya.
  3. Klik pada cells yang ingin anda ubah dari text ke number.
  4. Klik kanan pada cells, lalu pilih Format Cells.
  5. Pada bagian Format Cells berisi General, Number, Currency, dll. Pilih Number, lalu klik ok.
  6. Ketikan angka pada cells yang telah anda rubah tadi, jika angka dapat diketik, maka langkah yang anda lakukan benar.
  7. Selamat mencoba. Baca lebih lanjut

IDENTIFIKASI HARDWARE

A. CPU atau Processor

Melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti papan ketik, pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus.

B. RAM
Sebuah perangkat atau media yang mempunyai fungsi untuk menyimpan data sementara pada sebuah komputer.

C. Motherboard
Tempat meletakkan atau memasang berbagai komponen (prosessor, vga card, sound card, memori dll dan media transfer data dari komputer yang bekerja di dalam komputer misalnya prosessor untuk memberi perintah kepada komponen seperti memori atau harddisk dengan menggunakan jalur pada motherboard yang disebut bus dock.

D. Hard Drive
Media penyimpan data dalam computer yang bersifat permanen selama HDD tersebut tidak rusak, baik berupa data umum ataupun data system itu sendiri seperti windows, linux, macintos dll.

E. Network Card
Sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer.

F. Graphic
Menampillkan gambar/animasi 3D dan melakukan sebagian/seluruh tugas video decoding saat menonton video. Semakin besar ukuran layar, semakin besar resolusi. Semakin besar resolusi, semakin banyak pixel yang harus digambar.

G. Peripheral
Membantu komputer menyelesaikan tugas yang tidak dapat dilakukan oleh perangkat hardware lain yang sudah terpasang. Baca lebih lanjut

Resume Materi 1 Oktober 2013

SISTEM KOMPUTER

Pengertian dari Sistem Komputer yaitu kumpulan elemen (orang, lingkungan, gedung, dll) yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan dan melaksanakan satu tujuan pokok sistem.

Elemen Sistem Komputer yaitu Input, Sofware, dan Brainware.

Tujuan pokok dari sistem komputer:

  • Mengolah data
  • Menghasilkan informasi

Hubungan antara elemen komputer:

  • bila hanya ada hardware, maka komputer tidak dapat digunakan
  • bila hanya ada software, komputer tidak dapat dijalankan
  • bila hanya ada brainware, komputer tidak dapat divisualisasikan
  • bila hanya ada hardware dan brainware, komputer tidak dapat dioperasikan
  • bila hanya ada hardware dan software, komputer tidak ada yang menjalankan
  • bila hanya ada software dan brainware, tidak ada perantara yang menghubungkan software dengan brainware Baca lebih lanjut

Cara Menginstall Windows 7

Assalamualaikum

Kali ini saya akan membagi cara atau langkah-langkah untuk menginstall Windows 7 di komputer atau laptop anda dengan menggunakan media DVD.

langsung kita ulai ya….

Pertama-tama teman-teman masukan DVD drive ke komputer atau laptop teman-teman kemudian booting lah memakai media yang telah teman pilih lalu proses loading akan dimulai.

Pilih bahasa yang sesuai dengan teman, waktu dan format mata uang, keyboard atau metode input lalu klik Next.

terus teman-teman bisa mengklik Install now

Centang pada bagian yang bertuliskan I acccept the license terms alu klik Next.

Klik Upgrade apabila teman-teman hanya ingin memperbaharui versi dari Windows yang sudah ada atau Custome (advanced) jika teman-teman tidak memiliki versi Windows sebelumnya atau ingin meginstall salinan bru Windows 7. Baca lebih lanjut

Definisi Teknologi Informasi Menurut Para Ahli

IT adalah kependekan dari  Information Technology (Indonesia = Teknologi Informasi).

 

MENURUT Y. MARYONO & B. PATMI ISTIANA

“IT adalah tata cara atau sistem yang digunakan oleh manusia untuk menyampaikan pesan atau informasi. IT juga bisa diartikan sebagai pemanfaatan perangkat komputer sebagai alat untuk memproses, menyajikan, serta mengelola data dan informasi dengan berbasis pada peralatan komunikasi”.

MENURUT THE ADVISORY COUNCIL FOR APLIED RESERACH AND DEVELOPMENT

“IT adalah suatu disiplin imu sains, teknologi dan perekayasaan (engineering), serta teknik – teknik manajemen yang digunakan dalam menangani dan memroses informasi, aplikasi komputer dan interaksinya dengan manusia, serta asosiasinya dengan kondisi sosial, ekonomi, dan budaya”.

MENURUT CHRISTINE WIBHOWO & RIDWAN SANJAYA

“IT adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari bagian pengirim ke penerima sehingga pengiriman informasi tersebut akan lebih cepat, lebih luas penyebarannya, dan lebih lama penyimpanannya”. Baca lebih lanjut

Definisi Komputer Menurut Para Ahli

Menurut Robert H. Blissmer seorang penulis dari buku Komputer
“Komputer merupakan suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas , seperti ; menerima input, memproses input tersebut sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan, Menyediakan output dalam bentuk informasi”.

Menurut V. C Hamacher et al. 1982 
“Berpendapat bahwa mesin penghitung yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output berupa informasi”.

Menurut Jhon J. Longkutoy 

“Berpendapat bahwa komputer adalah alat pengolah data atau pemecah persoalan yang mampu menghasilkan informasi yang diperlukan, tetapi penanganannya harus ditangani oleh ahlinya”.

Menurut William M Fuori
“Komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan dasar operasi logika, tanpa campur tangan manusia”. Baca lebih lanjut

Cara Membuat Blog Di WordPress

Pertama-tama kamu dapat mengunjungi dulu www.wordpress.com lalu klik “Get Started”. Lalu yang kedua kamu dapat mengisikan Alamat e-mail, Username, Password, dan Alamat Blog. Pastikan semua yang telah kamu isi bertanda centang. Lalu klik “CreateBlog”. Kemudian yang ketiga akan muncul halaman yang menyatakan teman-teman harus memeriksa alamat email untuk menyelesaikan pendaftaran. Yang keempat yaitu teman-teman silahkan periksa alamat email teman-teman dan lihat pesan dari WordPress.com. Untuk mengaktifkan blog, klik “Activate Blog“. Selanjutnya langkah kelima yaitu teman-teman silahkan mengisi judul blog, slogan dan bahasa yang dikehendaki. Lalu klik “Next Step“. langkah keenam pilih tema atau desain yang teman-teman sukai, lalu klik “Next Step“. Jangan kuatir, tema atau desain bisa diganti dengan mudah. Lalu pada halaman “Customize“, langsung klik “Next Step“. dan yang terakhir adalah pada halaman “Create your first post“, klik “Finish“. Dan bog teman-teman siap untuk di gunakan.

Ini pengulangan langkah-langkah membuat blog di wordpress:

Pertama

Kunjungi WordPress.com

Baca lebih lanjut